Install Openbravo 2.40 di Ubuntu 8.10

27 November 2008

Ini percobaan gue yang pertama untuk install Openbravo 2.40 di Ubuntu 8.10

Pertama, gue dapat link ke sourceforge yang langsung menyediakan instalasi Openbravo 2.40 yaitu http://sourceforge.net/project/showfiles.php?group_id=162271

Dari urutan link tersebut, gue tentunya pilih yang nomor 02-Openbravo-installers, kemudian pilih OpenbravoERP_2.40-linux-installer.bin.

Gue cari mirror yang dari Taiwan, soalnya menu
rut pengalaman, lebih cepat downloadnya. Gue pake Downthemall dari add-on Firefox untuk download soalnya ada fasilitas check SHA1 SUM.lumayan, masih dapat speed 57 kbps (pake speedy di kantor).

Sambil nunggu selesai, persiapkan dulu environment Openbravo, antara lain:
  1. Database (support Oracle dan PostgreSQL), gue milih PostgreSQL
  2. Sun Java Development Kit (JDK)
  3. Apache Tomcat
  4. Apache ANT
Database PostgreSQL
  1. Kita mulai untuk install PostgreSQL. Karena gue pake ubuntu 8.10, berikut ini step-stepnya:
    sudo apt-get install postgresql-8.3
  2. setelah selesai (tanpa error), kita buat password untuk postgresql, dengan perintah:
    sudo su - postgres -c psql
  3. dia akan masuk ke dalam perintah postgres, kemudian berikan perintah
    alter role postgres with password 'password_baru';
  4. untuk keluar, berikan perintah:
    \q
Sun JDK
  1. Sekarang lanjut ke bagian Java SDK, untuk install java SDK 6 (terbaru), berikut perintahnya:
    sudo apt-get install sun-java6-jdk
  2. sewaktu instalasi, nanti di console akan keluar term and condition, di OK-kan saja semua, yang penting bisa digunakan Tahap selanjutnya, saya harus membuat Sun Java JDK menjadi default JDK, dengan perintah:
    sudo update-java-alternatives -s java-6-sun
  3. Kemudian saya membuat variabel JAVA_HOME dengan perintah:
    echo 'JAVA_HOME="/usr/lib/jvm/java-6-sun"' | sudo tee -a /etc/environment
  4. agar variabel ini dapat tersedia di dalam terminal, jalankan perintah:
    source /etc/environment
  5. Sebelum melanjutkan proses berikutnya, gue restart dulu.
Apache Tomcat
  1. Next, lanjut nih, Gue instal Apache Tomcat:
    sudo apt-get install tomcat6 tomcat6-admin tomcat6-examples tomcat6-docs
  2. berikutnya, gue coba jalankan servicenya:
    sudo service tomcat6 start
  3. Kalo sudah Ok, bisa lanjut nih. Gue coba buka http://localhost:8180. Mampus, page not found. Mulai tegang, tanya Mbah Google dulu. Hohoho, kata mbah, coba dulu http://localhost:8080. Yup. It works!
  4. Sekarang ngapain lagi? hmm, buat variabel dulu, buat variabel CATALINA_HOME, CATALINA_BASE, dan CATALINA_OPTS

    echo 'CATALINA_HOME="/usr/share/tomcat6"' | sudo tee -a /etc/environment
    echo 'CATALINA_BASE="/var/lib/tomcat6"' | sudo tee -a /etc/environment
    echo 'CATALINA_OPTS="-server -Xms384M -Xmx512M -XX:MaxPermSize=256M"' | sudo tee -a /etc/environment
  5. kemudian:
    source /etc/environment
  6. Sebelum lanjut, restart dulu.
Apache ANT
  1. Environment terakhir baru pasang apache ANT:
    sudo apt-get install ant ant-optional
  2. Selanjutnya, set ANT_HOME variabel
    echo 'ANT_HOME="/usr/share/ant"' | sudo tee -a /etc/environment
  3. seperti biasa, jalankan lagi:
    source /etc/environment
  4. restart lagi

Gue sudah selesaikan untuk instalasi environment yang dibutuhkan oleh Openbravo, sekarang giliran gue install openbravo-nya. Kalo pake GUI isntaller seperti ini, enak dipandang, tapi masalahnya bakal lama proses compilenya. Nggak apa-apa deh. Masuk dulu ke folder tempat installer-nya di download, kemudian ganti dulu permissionnya agar bisa di eksekusi dengan cara

chmod +x ./OpenbravoERP_2.40-linux-installer.bin

setelah ini, baru kita eksekusi

sudo ./OpenbravoERP_2.40-linux-installer.bin

Nah, berikut gue kasi screen capture-nya

Ini tahap awal, pembukaan:



Kayaknya tahap yang berikut basa-basi doank deh, pastinya accept lah:



Yang berikut adalah tempat folder di mana Openbravo mau diinstall, mending pakai default dia saja:



Kalo yang ini, juga pakai default dia saja:



Khusus yang ini, loe bisa milih, mau install database dan aplikasi di 1 komputer/server, ato di beda komputer/server, gue pilih yang sama saja:



Kalo yang ini, mending yang standar saja. Gue kan masih newbie:



Ini menentukan folder tempat JDK. Kalo yang loe kerjain sama seperti gue, tulis aja seperti ini:



Kalo yang ini, menentukan lokasi Ant:



Nah, yang ini menentukan lokasi Tomcat:



Karena dari awal gue instal PostgreSQL, ya tentunya pilih PostgreSQL:



Sekarang, tentukan direktori PostgreSQL:

Untuk host, gue pake localhost saja:

Ini bebas diisi apa saja:


ini juga bebas diisi apa saja, tapi yang database name, mending nggak usah diganti:

ini juga bebas, tapi lebih safe dipertahankan saja:

Ini untuk menentukan format waktu:

Yang ini menanyakan, apakah mau dipasang demo data? menurut gue pasang saja, soalnya setau gue, openbravo nggak mau diinstall kalo tidak ada data:

Dia tanya dulu, siap nggak? Siap donk ...

Mulai juga akhirnya:

Sudah 30 menit berlalu, belum selesai juga, mulai stres deh:

Akhirnya kelar juga:

Gue restart dulu deh, biar system kenali Openbravo dan service pendukungnya dari awal...

Waduh, kok http://localhost:8080/openbravo error terus, kenapa ini??? Coba tanya mbah google lagi. Katanya mungkin coba periksa Tomcat security, apakah Yes atau No.

sudo gedit /etc/init.d/tomcat6

cari tomcat6_security, ganti ke no. Save dan tutup. Coba restart lagi Tomcat dengan

sudo service tomcat6 restart

kemudian buka

http://localhost:8080/openbravo


Horeeee, bisa juga akhirnya, tinggal login. Ooo, login gue salah terus, ada apa ini ya? Hmm cari tau lagi di Mbah Google, oo ternyata awalnya harus username Openbravo dan password openbravo.


2 komentar:

indonesia 360 mengatakan...

Wah, jadi ingat pengalaman instalasi open bravo jaman baheula..

duratia mengatakan...

iya, Do. ini lagi test untuk install ERP di kantor, btw, blog gue mau move ke duratia.wordpress.com, sementara lagi cari hosting yang bayar :)